Diposkan pada Pendidikan

Ada Guru Bertanya pada Muridnya [#15]: Pertanyaan “Seandainya…” adalah Godaan Setan

Sekelompok murid yang sedang menunggu giliran ujian praktik meminta saya bercerita. Karena saya tidak punya bahan bercerita, saya bertanya kepada salah satu dari mereka.

“Seandainya kamu dilahirkan di keluarga si A, menurut kamu apa yang akan terjadi dengan hidup kamu?”

Si anak yang ditanya sempat menjawab, “Saya akan hidup seperti si A.”

Namun belum sempat saya merespon, beberapa temannya langsung memotong.

“Tidak boleh, loh, pak bertanya seandainya. Itu pertanyaan setan,” mereka berseru bersama-sama.

Karena penasaran, saya melakukan klarifikasi. “Kata siapa?”

Salah satu dari mereka lalu menjelaskan sebuah hadis yang menceritakan bahwa ketika seorang muslim mengalami suatu keadaan tertentu lalu mengatakan “seandainya aku…” maka sesungguhnya dia sedang berada dalam godaan setan.

Saya mencoba menggali lebih jauh dengan meminta penjelasan tentang perawi hadits tersebut dan matan atau isi hadits. Sayangnya tidak ada satupun dari mereka yang hafal.

Penulis:

Mendidik adalah Mewariskan

Tinggalkan komentar